Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 20 Oktober 2012

Perangkat Pembelajaran TIK Kelas 9 SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER
(RPP)

Sekolah
:

Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (Sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menjelaskan pengertian dasar-dasar Internet/Intranet
Indikator
:
·     Menjelaskan pengertian internet
·     Menjelaskan pengertian intranet
Alokasi Waktu
:
1 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui studi pustaka, peserta didik mampu :
·     Menjelaskan pengertian internet dengan benar
·     Menjelaskan pengertian intranet dengan benar
2.      Materi Pembelajaran
·     Pengertian Internet/intranet
3.      Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model         : Cooperatif Learning

4.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1.   Kegiatan pendahuluan
·     Menanyakan kepada peserta didik macam – macam Teknologi Informasi
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran
·     Peserta didik membentuk kelompok diskusi (dua siswa)


Rasa ingin tahu

Pantang menyerah
Pantang menyerah

1 x 40
2.   Kegiatan Inti
·     Elaborasi :
·       Menanyakan kepada peserta didik macam – macam Teknologi Informasi
·        Menyampaikan tujuan pembelajaran

·     Ekplorasi :
·       Masing-masing kelompok mengaktifkan DingKLIK Ilmu Komputer
·        Kelompok berdiskusi mengerjakan sesuai dengan LKS
·        Peserta didik dalam kelompoknya menemukan pengertian internet dan intranet
·     Konfirmasi :
·        Kelompok membuat resume secara teliti tentang pengertian internet dan intranet
·        Melakukan presentasi kelompok (perwakilan 3 kelompok, kelompok lain menanggapinya)




Rasa ingin tahu

Pantang menyerah


Pantang menyerah

Pantang menyerah

Pantang menyerah



Teliti

Pantang menyerah

  1. Kegiatan penutup
·     Menarik kesimpulan pengertian internet dan intranet


Rasa ingin tahu



5.      Sumber Belajar

Komputer, lembar kerja, buku paket, CD Ilmu Komputer.

6.      Penilaian
1. Teknik
      Tes tertulis (kelompok)
2. Bentuk Instrumen
            Uraian
3. Instrumen/Soal
      1. Jelaskan pengertian Internet!
      2. Jelaskan pengertian Intranet!






                       
Mengetahui
Kepala Sekolah



NIP
Guru Mata Pelajaran TIK



NIP ...............................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER
(RPP)

Sekolah
:

Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi
:
Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
1.2.  Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di Internet/Intranet
Indikator
:
1.      Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet / intranet
2.      Menjelaskan macam-macam topologi jaringan
3.      Menjelaskan terbentuk dan terhubungnya jaringan internet dari jaringan kecil menjadi internet
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan dasar-dasar jaringan, peserta didik mampu :
·         Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet dengan benar
·         Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet dengan benar
·         Menjelaskan macam-macam topologi jaringan
·         Menjelaskan terbentuk dan terhubungnya jaringan internet dari jaringan kecil menjadi internet

B.     Materi Pembelajaran
·         Dasar-dasar jaringan internet/intranet

C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model         : Cooperatif Learning

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 4 x 40’ )

Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1.   Kegiatan pendahuluan
·         Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang pengertian internet/ intranet


Rasa ingin tahu

1 x 40
2.   Kegiatan Inti
·         Elaborasi :
·         Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang pengertian internet/ intranet
·        Ekplorasi :
·        Mengamati secara teliti visualisasi tentang dasar-dasar  sistem jaringan:
- internet
- intranet
·         Mengamati jenis - jenis jaringan dan topologi jaringan
·          Mengamati terbentuk dan terhubungnya jaringan internet dari jaringan kecil menjadi internet
· Konfirmasi:
·         Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet


Rasa ingin tahu



Teliti



Teliti

Teliti



Pantang menyerah


2 x 40
   3.   Kegiatan penutup
·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·   Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet



Rasa ingin tahu

Pantang menyerah

1 x 40

E.     Sumber Belajar
Komputer, buku paket, koneksi internet, tayangan.

F.     Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
           Uraian

3. Contoh Instrumen
1.   Jelaskan berbagai jenis jaringan komputer?
2.   Sebutkan topologi jaringan yang ada?
3.   Berikan kesimpulan mengenai terbentuknya jaringan internet!




Mengetahui
Kepala Sekolah






NIP

Guru Mata Pelajaran TIK






NIP ...............................

                                               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER
(RPP)

SMP
:

Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet
Kompetensi Dasar
:
1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses Internet.
Indikator
:
-  Menjelaskan ukuran  kecepatan akses Internet.
-  Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan
-  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
-  Menjelaskan keuntungan akses Internet yang cepat
Alokasi Waktu
:
6 x 40 `

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui studi pustaka dan observasi terhadap tayangan Internet, peserta didik mampu:
Ø  Mengetahui ukuran kecepatan akses Internet.
Ø  Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Menentukan ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
Ø  Menjelaskan keuntungan akses Internet yang cepat
B.     Materi Pembelajaran
Ø  Ukuran kecepatan akses Internet
Ø  Ukuran kecepatan akses berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
Ø  Keuntungan akses Internet yang cepat
C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan           : CTL
Model                    : Cooperatif Learning
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama  ( 2 X 40 )

Kegiatan pembelajaran
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
  1. Kegiatan pendahuluan.
·         Mengingatkan kembali materi dasar – dasar jaringan Internet.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

Rasa ingin tahu

Pantang menyerah
2 x 40
  1. Kegiatan Inti.
·         Elaborasi :
·         Mengingatkan kembali materi dasar – dasar jaringan Internet. Dan Menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Ekplorasi :
·         Mencari informasi dari sumber belajar tentang kecepatan akses internet.
·         Melakukan akses internet dengan koneksi salah satu ISP untuk mengukur kecepatan akses internet.
·         Mengamatikan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet

·        Konfirmasi :
·        Menganalisis keuntungan akses Internet yang cepat


Rasa ingin tahu





Pantang menyerah


Pantang menyerah



Pantang menyerah




Rasa ingin tahu

  1. Kegiatan penutup.
·         Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
·      Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet.


Pantang menyerah

Pantang menyerah

E.     Sumber Belajar
Komputer, buku paket, koneksi internet, lembar kerja, kamus TI, CD pembelajaran
F.     Penilaian
  1. Teknik
Tes tertulis
  1. Bentuk Instrumen
Uraian / pilihan ganda
  1. a) Contoh Instrumen
1) Jelaskan ukuran kecepatan akses Internet!
2) Identifikasi ukuran kecepatan akse internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!
3) Jelaskan 2 faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
4) Jelaskan 2 keuntungan akses Internet yang cepat
5) Sebukan kecepata akses internet pada ISP;
a.       Indosat 3,
b.      Accesnet,
c.       Wasantara
6) Tentukan kecepatan akses internet dengan menggunakan ISP Telkomnet

b) Lembar Observasi Unjuk Kerja Siswa

Instrumen
Skala Kuantitas
Nilai 1
[(Jumlah/8) X 10]
1
2
3
4
  1. Mendial up koneksi pada salah satu ISP.
  2. Menujukkan kecepatan akses ISP Telkomnet Instan






                                                                                      

Mengetahui
Kepala Sekolah






NIP

Guru Mata Pelajaran TIK






NIP ...............................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER
( RPP )

SMP
:
Mata Pelajaran
: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
: IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi
: 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet
Kompetensi Dasar
: 1.4. Mengidentifikasi      perangkat    keras   yang   digunakan   dalam akses Internet / intranet
Indikator
: 1.4.1. Mengidentifikasi   perangkat  keras   beserta   fungsinya untuk keperluan akses Internet.
 1.4.2. Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya  untuk keperluan akses internet
 1.4.3. Mengidentifikasi   fungsi    perangkat  yang   digunakan   akses internet
Alokasi Waktu
6 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:                         
Ø  Mengidentifikasi   perangkat  keras   beserta   fungsinya untuk keperluan akses Internet.
Ø  Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya  untuk keperluan akses internet
Ø  Mengidentifikasi   fungsi    perangkat  yang   digunakan   akses internet
B. Materi Pembelajaran
Ø  Persyaratan perangkat keras Internet / Intranet.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan           : CTL
Model                    : Cooperatif Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan kedua  ( 2 X 40 )
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
  1. Kegiatan pendahuluan.
·         Menyampaikan kembali mengenai materi yang pernah ditayangkan  pada pertemuan pertama dan kedua 


Pantang menyerah

2 x 40
  1. Kegiatan Inti.
·         Elaborasi :
·         Menyampaikan kembali mengenai materi yang pernah ditayangkan  pada pertemuan pertama dan kedua 
·         Ekplorasi :
·        Siswa dikelompokkan menjadi 8 , setiap kelompok terdiri dari 5 siswa
·        Melakukan diskusi terhadap hasil pengamatan perangkat yang digunakan akses internet yang ditayangkan
·        Men yimpulkan hasil diskusi secara cermat tentang nama-nama dan fungsi perangkat yang digunakan akses internet
·         Konfirmasi :
·      Memberikan penjelasan / presentasi hasil diskusi tentang nama-nama dan fungsi  perangkat yang digunakan akses internet.



Pantang menyerah




Pantang menyerah


Pantang menyerah




Teliti



Pantang menyerah

  1. Kegiatan penutup.
·         Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
·         Menarik kesimpulan tentang fungsi perangkat yang digunakan akses internet


Rasa ingin tahu

Ppantang menyerah



E. Sumber Belajar
Komputer, buku TIK kelas 9, lembar kerja, koneksi internet, Kamus TIK
F. Penilaian
  1. Teknik
Tes unjuk kerja

  1. Bentuk Instrumen
Tes identifikasi

  1. Soal / Instrumen
1.      Amati tayangan perangkat yang digunakan akses Internet !
2.      Sebutkan nama-nama  perangkat yang digunakan akses Internet !
3.      Jelaskan fungsi masing-masing perangkat yang digunakan akses internet !        

4.    Lembar  Identifikasi

Instrumen
Skala Kuantitas
Nilai 1
[(Jumlah/32) X 100
4
3
2
1
Menunjukkan perangkat keras yang digunakan akses internet serta menjelaskan fungsinya masing-masing





1. Modem External





2. Modem Internal





3. Lan Card





4. Komputer





5. Kabel UTP ( Unshield Twist Pair )





6. Wireles adapter





7. Konektor RJ 45





8. Switching





Jumlah





                                                                                                                                               


     
Mengetahui
Kepala Sekolah






NIP

Guru Mata Pelajaran TIK






NIP ...............................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER
 (RPP)

SMP
:
Mata Pelajaran
: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
: IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi
: 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet
Kompetensi Dasar
: 1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet
Indikator
: - Menguraiakan cara-cara penyambungan Internet/Intranet.
  - Melakukan sambungan Internet menggunakan Dial Up
Alokasi Waktu
4 x 40 `

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
Ø  Dengan melalui studi pustaka dapat menjelaskan beberapa cara sambungan Internet.
Ø  Melalui simulasi dapat melakukan sambungan Dial Up.
Ø  Dengan pengalaman simulasi dapat melakukan sambungan di lab komputer secara Dial Up.
B. Materi Pembelajaran
Ø  Penyambungan Internet / Intranet.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan           : CTL
Model                    : Cooperatif Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama  ( 2 X 40 )

Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1. Kegiatan pendahuluan.
a.       Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.      Menanyakan tentang prasyarat menggunakan akses Internet.


Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu

2 x 40
2.Kegiatan Inti.
·         Elaborasi :
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya.
·         Ekplorasi :
·        Mencari informasi di media cetak untuk memperoleh berbagai cara sambungan Internet.
·         Konfirmasi :
·         Menanyakan contoh sambungan   internet/intranet.
·         Mengerjakan lembar kerja.



Rasa ingin tahu



Rasa ingin tahu



Rasa ingin tahu


Pantang menyerah

3.Kegiatan penutup.
·         Melakukan refleksi bersama tentang pelajaran yang sudah disampaikan.
·         Membuat kesimpulan .
·         Memberi tugas.


Pantang menyerah





Pertemuan Kedua  ( 2 X 40 )

Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1. Kegiatan pendahuluan.
a.       Mendiskripsikan tugas minggu lalu.

Pantang menyerah
2 x 40
2. Kegiatan Inti.
·         Elaborasi :
·         Mendeskripsikan tugas minggu lalu.
·         Menanyakan kembali pelajaran minggu lalu
·         Ekplorasi :
·         Pesrta didik membentuk kelompok.
·         Melakukan penyambungan Internet secara Dial Up.
·         Memandu kelompok yang mengalami kesulitan tentang penyambungan Dial Up antar kelompok dengan guru..
·         Konfirmasi :
·         Memberikan penghargaan kepada kelompok atau siswa.



Pantang menyerah

Rasa ingin tahu





Pantang menyerah





Pantang menyerah

3. Kegiatan penutup.
·         Mendikripsikan kembali langkah-langkah tentang penyambungan Dial Up.


Pantang menyerah


E. Sumber Belajar
Komputer, buku paket, koneksi internet/intranet

F. Penilaian
1.      Teknik
Observasi
Unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen
Lembar Observasi
Uji prosedur

3.      Soal/ Instrumen
Observasi
1.      Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan Dial Up !

            Uji prosedur
1.      Melakukan penyambungan internet menggunakan Dial Up.

Lembar Observasi

Instrumen
Skala Kuantitas
Nilai 1
[(Jumlah/12) X 100
1
2
3
4
Melakukan setting Dial Up





  1. Klik 2 kali (double klik) My Computer kemudian double klik icon dial networking.
  2. Kemudian double klik Make New Conection.
  3. Ketik nama provider pada type a name for the computer you are dialing, misalnya telkomnet kemudian tekan next, maka computer akan minta telepone number beserta area code dan country or region code-nya. Nomor telepone telkomnet adalah 080989999, kemudian tekan next dan selanjutnya tekan finish.





                                                                                                                       
     
Mengetahui
Kepala Sekolah




NIP

Guru Mata Pelajaran TIK




NIP ...............................































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar